Pengaruh Hutang Lancar, Hutang Tidak Lancar Dan Ekuitas Wajib Pajak Badan Sebagai Bagian Struktur Modal Terhadap Beban Pajak Penghasilan (Studi Empiris pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif & Komponen di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2015)

Abstrak, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hutang lancar, hutang tidak lancar, dan
ekuitas wajib pajak badan terhadap beban pajak penghasilan pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif
dan Komponen periode 2010-2015. Objek penelitian ini adalah perusahaan Sub Sektor otomotif dan
Komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 13
perusahaan dan sampel yang diperoleh sebanyak 6 perusahaan dengan menggunakan metode
Purposive Sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif yang
dinyatakan dengan angka-angka dan perhitungannya menggunakan metode statistik dibantu dengan
program SPSS 24.0. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, pengujian
asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
hutang lancar, hutang tidak lancar dan ekuitas wajib pajak secara parsial dan bersama-sama tidak
berpengaruh signifikan terhadap beban pajak penghasilan.

 

selengkapnya klik disini

Neneng Siti Lathifah; Jurnal Gambaran Pengetahuan Ibu Post Partum Tentang Mobilisasi Dini Pasca Heacting Perineum di BPS Dese Andriyani Garuntang Bandar Lampung tahun 2015

Neneng Siti Lathifah SST MKes telah menulis jurnal yang berjudul “Gambaran Pengetahuan Ibu Post Partum Tentang Mobilisasi Dini Pasca Heacting Perineum di BPS Dese Andriyani Garuntang Bandar Lampung tahun 2015”. Jurnal ini didasari berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) pada tahun 2012 penyebab utama angka kematian ibu (AKI) di sebabkan kerena komplikasi selama persalinan. Diantaranya yaitu partus lama (memanjang) 37% dari kelahiran, ketuban pecah sebelum enam jam bayi lahir 17 %, perdarahan pervaginam 9%, dan dua komplikasi lainnya yaitu infeksi jalan lahir 7% dan kejang pada ibu 2%.

Sedangkan menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia tahun 2012, faktor utama penyebab kematian ibu melahirkan yakni perdarahan (28%), infeksi (24%) dan preeklamsi (11%) (Depkes, 2012). Dan berdasarkan hasil presurvei dengan metode wawancara bebas yang peneliti lakukan di BPS Desi Andriyani pada tanggal 7 april 2015 kepada 10 ibu post partum pasca heacting perineum tentang mobilisasi dini didapat 90% ibu kurang mengetahui manfaat dan tahaptahap melakukan mobilisasi dini dan 1 orang mengetahui tetapi tidak melakukan karena khawatir jahitan lepas.

Hal itulah yang membuatnya tertarik melakukan penelitian. Dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu post partum tentang mobilisasi dini pasca heacting perineum di BPS Desi Andriyani Garuntang Bandar Lampung tahun 2015.

Baca selengkapnya:

Jurnal Neneng

BPT Mineral-LIPI Akan Menggelar Workshop Writing A Scientific Article For National and International Journal

BADAN Penelitian Teknologi Mineral-LIPI akan menggelar workshop Writing A Scientific Article For National and International Journal. Kegiatan ini bekerjasama dengan Universitas Malahayati dan Universitas Gajah Mada (UGM). Acara ini akan dilaksanakan pada:

Hari/ tanggal: Senin, 30 Mei 2016
Waktu: 09.00-17.00 WIB
Tempat: Aula Universitas Malahayati
HTM: Rp 300.000,-

Dengan mengusung instruktur:

Dosen Fakultas Teknik UGM

  • Dr Eng Himawan Tri Bayu
  • Indra Perdana Ph D
  • Dr Ir Wayan Warmada

Outline workshop ini mengenai:

  1. Etika penulisan dan penelitian
  2. Teknik penulisan jurnal (Nasional dan Internasional)
  3. Pengenalan jurnal Nasional dan Internasional
  4. Praktek dan latihan penulisan paper
  5. Tips dan trik paper diterima dan di publish di jurnal Nasional dan Internasional

Jadi tunggu apalagi? Ayo buruan gabung!

Contact Person:

Slamet Sumardi MT/ 081328174444
Dr Eng Widi Astuti/ 081319002393

IMG_20160511_162821

Gelar Workshop Peningkatan Sumber Daya Dosen Universitas Malahayati

LEMBAGA Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Malahayati gelar Workshop Peningkatan Sumber Daya Dosen di Ruang Malahayati Career Center (MCC) pada Rabu, 30 Maret 2016. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Universitas Malahayati dengan Penerbit Andi Yogyakarta. Workshop yang diikuti sekitar 100 dosen dari semua program studi di Universitas Malahayati ini juga dihadiri Wakil Rektor I dan Wakil Rektor III serta Penasehat Yayasan.

Dalam statuta Universitas Malahayati (SK Rektor Universitas Malahayati, 1 September 2006, nomor 3387.10.401.08.2002). BAB IV Organisasi, Pasal 9 Susunan Organisasi Universitas, LPPM merupakan salah satu Unsur Pelaksana Akademis. Secara umum, mengacu pada peraturan Mendiknas nomor 15, Tahun 2005, 3 Agustus 2005, DPPM, LPPM Universitas Malahayati bertugas “Melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, pembinaan, pengembangan, pemberian bimbingan teknis, supervise, dan evaluasi di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat”.

Heri Wibowo; Analisis Kinerja Perusahaan Produk Kopi Melalui Pendekatan Rasio Produksi

Dosen yang mengampu mata kuliah Pengendalian Kualitas, Proses Produksi, Manajemen Industri dan Akuntansi Biaya ini juga menulis jurnal, salah satunya “Analisis Kinerja Perusahaan Produk Kopi Melalui Pendekatan Rasio Produksi”.

Jurnal ini membahas pendekatan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan bisnis yang mempunyai dasar pemikiran dengan menghasilkan kualitas yang terbaik. Sehingga diperlukan upaya perbaikan berkesinambungan terhadap kemampuan manusia, proses dan lingkungan. Hasil dari proses perbaikan berkesinambungan itu berupa kinerja dari karyawan yang bersangkutan.

Penilaian baik buruk kerja karyawan berhubungan dengan persepsi karyawan mengenai proses perbaikan berkesinambungan sesuai dengan pendekatan. Semakin baik persepsi karyawan terhadap proses perbaikan berkesinambungan maka karyawan mempunyai kepuasan kerja yang tinggi, dan kinerjanya semakin baik.

Baca selengkapnya:

Jurnal HERI WIBOWO

PENELITIAN oleh kedua Dosen Fakultas Teknik Universitas yakni Devi Oktarina ST MT bersama Natalia ST MT. Penelitian yang berjudul Penggunaan Cangkang Kelapa Sawit Untuk Bata Beton Ringan.

Devi adalah Kaprodi Teknik Sipil di Universitas Malahayati. Perempuan ini adalah Sarjana Teknik Sipil di Universitas Malahayati tahun 2004 dan Magister Teknik Sipil di Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada 2007. Dan Ia bergabung dengan Universitas Malahayati sejak 2008.

Natalina ST MT adalah salah satu dosen Fakultas Tenik, Jurusan Lingkungan. Dosen yang sekaligus alumni S1 Teknik Lingkungan di Universitas Malahayati. Sejak 2008 ia bergabung dan menjadi dosen di Universitas Malahayati.

Jurnal mereka membahas soal perkembangan industri minyak kelapa sawit menyebabkan meningkatnya limbah cangkang kelapa sawit yang merupakan salah satu limbah pengolahan minyak kelapa sawit yang cukup besar, yaitu mencapai 60% dari produksi minyak.

Limbah cangkang kelapa sawit dalam penelitian ini dimanfaatkan untuk campuran bata beton sebagai bahan bangunan berupa dinding dengan menggunakan beton ringan

Baca Selengkapnya:

PENELITIAN KOPERTIS 2-DEVI 2013 (1)

PENELITIAN KOPERTIS 2-DEVI 2013 (2)