Neneng Siti Lathifah; Jurnal Gambaran Pengetahuan Ibu Post Partum Tentang Mobilisasi Dini Pasca Heacting Perineum di BPS Dese Andriyani Garuntang Bandar Lampung tahun 2015

Neneng Siti Lathifah SST MKes telah menulis jurnal yang berjudul “Gambaran Pengetahuan Ibu Post Partum Tentang Mobilisasi Dini Pasca Heacting Perineum di BPS Dese Andriyani Garuntang Bandar Lampung tahun 2015”. Jurnal ini didasari berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) pada tahun 2012 penyebab utama angka kematian ibu (AKI) di sebabkan kerena komplikasi selama persalinan. Diantaranya yaitu partus lama (memanjang) 37% dari kelahiran, ketuban pecah sebelum enam jam bayi lahir 17 %, perdarahan pervaginam 9%, dan dua komplikasi lainnya yaitu infeksi jalan lahir 7% dan kejang pada ibu 2%.

Sedangkan menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia tahun 2012, faktor utama penyebab kematian ibu melahirkan yakni perdarahan (28%), infeksi (24%) dan preeklamsi (11%) (Depkes, 2012). Dan berdasarkan hasil presurvei dengan metode wawancara bebas yang peneliti lakukan di BPS Desi Andriyani pada tanggal 7 april 2015 kepada 10 ibu post partum pasca heacting perineum tentang mobilisasi dini didapat 90% ibu kurang mengetahui manfaat dan tahaptahap melakukan mobilisasi dini dan 1 orang mengetahui tetapi tidak melakukan karena khawatir jahitan lepas.

Hal itulah yang membuatnya tertarik melakukan penelitian. Dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu post partum tentang mobilisasi dini pasca heacting perineum di BPS Desi Andriyani Garuntang Bandar Lampung tahun 2015.

Baca selengkapnya:

Jurnal Neneng

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *